Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127Keywords:
Learning, Cycle 5E, Hasil, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 E. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017 sampai 02 Januari 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengolahan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan Learning Cycle 5 E. Analisis deskriptif tentang hasil belajar siswa yang dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri atas 6 kali pertemuan tatap muka dan 2 kali pertemuan digunakan untuk ujian blok. Diperoleh data ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK adalah 70%, dan mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 95 % pada siklus I dan pada siklus II kembali mengalami peningkatan sebesar 5% menjadi 100%. Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 70 %, pada siklus I meningkat sebesar 25% menjadi 95%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 5% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru.
Downloads
References
Amri, S. dan Ahmadi, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. PT. Prestasi Pustakarya: Jakarta.
Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Bandung.
Dyah, A., & Istiqomah, N. N. (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E : Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Issn 2549-2209.
Hafiah, S., Lukita, A., & Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri . Jurnal Matematika Kreatif Inovatif , Issn 2442-4218.
Prasetyo Z. K dan Fatonah S. (2014). Pembelajaran Sains. Penerbit Ombak. Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Prenada Media: Jakarta.
Zulchaidar, I. (2017). Penerapan Learning cycle 5 E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Dalam Pemebelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan. issn 2503-1260.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dina Liana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License