Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar

  • Masriani Masriani STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Istikomah Istikomah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
Keywords: Manjemen, Kelas, Pendidikan Dasar

Abstract

Guru adalah sebuah profesi. Profesionalitas guru tentunya sangat terkait denganmanajemen kerja guru dalam membuat perencanaan, yang kemudian mengaplikasikanya dengan mengajar dikelas,pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswa, inti dari pengelolaan kelas adalah menyeimbankan pengelolaan siswa dan pengelolan fasilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Rohmad,Jurnal ilmiah Tarbiyah,Inovasi pengelolaan kelas dalam mengacu kedinamisan pembelajaran , Malang Universitas Negeri Malang

Djamarah, SyaifulBahri. 2015, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta,Rineka Cipta E.

Hasri, Salfenn 2011, Sekolah Efektif dan Guru Efektif.Yogyakarta, Aditya Media Printing and Publising.

Imam Gunawan 2019,Manajemen Kelas tiori dan aplikasinya Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Made Pidarta, Pengelolaan Kelas Surabaya, Usaha Nasional

Mudasir 2011, Manajemen Kelas. Yogyakarta, Zanafa Publishing.

Muhaimin 2002, Paradigma Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosyda Karya.

Muljani A. Nurhadi, Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta, Andi Offset. Rajawali Press.

Mulyasa 2005, Menjadi Guru Profesional Bandung, Rosda Karya

Sudirman 2000, Ilmu Pendidikan , Bandung: Remaja Rosda Karya

Suryosubroto 2007,Manajemen Sekolah Dasar.Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY.

SyaifulBahri2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta

Syaifurahman 2013, Manajemen dalam Pembelajaran Jakarta:, PT. Indeks.

Udin S. Winataputra 2013,Strategi belajar mengajar (Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Penddidikan Nasiona

Wijaya, Cece dan Rusyan, A. Tabrani 2000. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar , Bandung, Remaja Rosdakarya.

Published
2020-07-09
How to Cite
MasrianiM., & IstikomahI. (2020). Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 158-172. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.132