PELAKSANAAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I TEMBILAHAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.32Abstract
Pendidikan budi pekerti adalah upaya untuk membentuk perilaku peserta didik yang tercermin dalam kata, perbuatan, sikap, pikiran, perasaan, kerja, dan hasil karya berdasarkan nilai, norma, dan moral luhur bangsa Indonesia melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pendidikan budi pekerti dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan pendidikan budi pekerti dan faktor apa yang mempenagruhi pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu. Adapun manfaat penelitian ini diantaranya adalah: untuk menambah dan meningkatkan wawasan dan pengalaman penulis, sebagai informasi bagi sekolah dalam penerapan pendidikan budi pekerti, sebagai informasi bahwa pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam membentuk karakter siswa perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, Subjek dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu yang berjumlah 4 orang, sedangkan yang menjadi objek adalah pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam membnetuk karakter di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu. Kemudian yang menjadi populasi adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 4 orang di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan cara deskripsi kualitatif.
Setelah data terkumpul dan dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa : dari hasil observasi, pelaksanaan pendidikan budi pekerti dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu mencapai persentase 80,11%, berada pada interval 81%-100% dan dikategorikan sangat baik. Aktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tembilahan Hulu adalah faktor dari semua mata pelajaran yang menerapkan materi pendidikan budi pekerti, faktor dari stockholder atau lingkungan, dan dari kegiatan lingkungan sekolah dalam menerapkan pelaksanaan pendidikan pekerti.
Kata Kunci :Pendidikan Budi Pekerti, Karakter siswa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Hasnawati Hasnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License