PANDANGAN AL-QABISI TERHADAP PENDIDIKAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.38Abstract
Al-Qabisi adalah salah seorang tokoh Muslim yang memiliki concern dalam pendidikan dan pembelajaran. Kuartal pertama abad ke empat hijrah, adalah masa kemajuan fiqh, maka merambah teori pendidikan sebagai sebuah konsentrasi merupakan sebuah loncatan pemikiran yang luar biasa, yang menjadikan al-Qabisi dianggap pionir
dalam pemikiran pendidikan Islam.
Secara khusus al-Qabisi membicarakan tentang pendidikan dan pembelajaran terhadap anak-anak, dengan orientasi lembaga.
Artinya, ia telah membicarakan manajemen operasional pendidikan untuk segmen tertentu secara khusus yaitu anak-anak. Sebagai konsekuensinya ia harus membicarakan tentang objek kajian tersebut (anak-anak) secara khusus agar ia bisa meletakkan tujuan pokok dan sekunder bagi pendidikan anak-anak, dan pada gilirannya membawnya melakukan kajian mendalam tentang bagaimana melaksanakan pendidikan untuk anak-anak. Dalam hal ini setidaknya ia berjibaku mengajukan penawaran tentang kurikulum, orang-orang yang melaksanakan, dan hal-hal lain yang terkait dengan operasional pendidikan dan pembelajaran terhadap anak-anak.
Kata Kunci: pandangan al-Qabisi, pendidikan anak
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Nasrullah Nasrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License