Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Drill di kelas 2 Min 1 Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.95Keywords:
Indonesia, Metode Drill, MeningkatkanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Drill dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia di Kelas 2 MIN 1 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MIN Tembilahan. Mereka berjumlah 30 orang. Kelas ini dipilih sebagai tempat penelitian karena peneliti sebagai guru dikelas tersebut menemukan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, 2 siklus penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. 3 pertemuan adalah pengajaran dengan menggunakan latihan dan satu lagi untuk ujian. Sebanyak. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi (untuk melihat kegiatan siswa dan guru selama pelaksanaan latihan), dan tes (untuk mengamati kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Indonesia). Setelah menyelesaikan 2 siklus, peneliti menemukan bahwa metode Drill dapat Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa metode drill dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia
Downloads
References
Alma, Buchari. 2012. Guru Profesional Menguasai Metode dasn Terampil Mengajar, Bandung; Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Zaenal & Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia, Jakarta: Akademika Pressindo.
Djamarah, Syaiful Bahri & Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Juniardianta, I Nyoman. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Metode Drama pada Siswa Kelas VII C SMP Dharma Raja Universitas Warmadewa. Jurnal Ilmu Bahasa.
Latifah, Chori, dkk. 2016. Penggunaan Diksi dalam Karangan Berita Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa
L. Damayanthi https:// www. academia. edu/ 9208697/ A_METODE_DRILL_ Langkah-langkah_ Penggunaan_Metode_Drill
Riduan, 2013, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan, Jakarta; Kencana
Sudjana. 2005. MetodaStatitistika, Bandung: Tarsito
Utami, Sintowati Rini. 2017. Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa. Jakarta.
Utary. Mazlina Tri. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV MIN Sei Agul Kec. Medan Denai. Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri. Medan.
Wati, Novera Kusuma. 2017. Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Anak pada Siswa Kelas IV.A MIN Bireueun Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Inovasi. Aceh
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Normah Normah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License