Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III.B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.91Keywords:
Pendekatan, RME, Hasil BelajarAbstract
Untuk membuat pelajaran Matematika mudah dipahami, guru harus berupaya dalam mengajarkan pada siswa dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan 20 orang siswa kelas III.B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistic mathematics education dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III.B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu, yaitu aktivitas guru pada siklus I adalah 26 (47,27%), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 42 (76,36%). Aktivitas siswa pada siklus I adalah 132,33 (60,81%), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 192,67 (87,57%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 79,5 dan 12 orang siswa (60%) telah tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 1679 dengan rata-rata 83,95 dan 20 orang siswa (100%) tuntas.
Downloads
References
Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lukmanul Hakim. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Rifa’i dkk. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Pres
Supinah dan Agus. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Modul Matematika SD Program BERMUTU. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK Matematika).
Wijaya. (2011). Manajemen kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: PT. Indeks.
Wijaya. (2012). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Perpect.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Erma Yulita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License