Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III.B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan

Authors

  • Erma Yulita Guru Kelas, SDN 036 Pulau Ruku, Tembilahan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.91

Keywords:

Pendekatan, RME, Hasil Belajar

Abstract

Untuk membuat pelajaran Matematika mudah dipahami, guru harus berupaya dalam mengajarkan pada siswa dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan 20 orang siswa kelas III.B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistic mathematics education dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III.B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu, yaitu aktivitas guru pada siklus I adalah 26 (47,27%), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 42 (76,36%). Aktivitas siswa pada siklus I adalah 132,33 (60,81%), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 192,67 (87,57%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 79,5 dan 12 orang siswa (60%) telah tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 1679 dengan rata-rata 83,95 dan 20 orang siswa (100%) tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lukmanul Hakim. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Rifa’i dkk. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Pres

Supinah dan Agus. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Modul Matematika SD Program BERMUTU. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK Matematika).

Wijaya. (2011). Manajemen kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: PT. Indeks.

Wijaya. (2012). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Perpect.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Yulita, E. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III.B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tembilahan Kecamatan Tembilahan. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.91