Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125Keywords:
Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Minat belajar siswa adalah kecenderungan atau keinginan yang besar terhadap aktivitas untuk memperoleh pengetahuan dan peningkatan keterampilan dalam proses belajar. Hasil belajar siswa adalah perubahan yang terjadi setelah mengikuti suatu proses pembelajaran baik berupa nilai ataupun tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling dan apa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan Teknik Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh hasil fhitung> ftabel (28,15 > 4,49) pada taraf 5% dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar siswa dan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling.
Downloads
References
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, Sanafiah. 2007. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
, 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Aprijal Aprijal, Alfian Alfian, Syarifudin Syarifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License