Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling

Authors

  • Aprijal Aprijal STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Alfian Alfian STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Syarifudin Syarifudin STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Minat belajar siswa adalah kecenderungan atau keinginan yang besar terhadap aktivitas untuk memperoleh pengetahuan dan peningkatan keterampilan dalam proses belajar. Hasil belajar siswa adalah perubahan yang terjadi setelah mengikuti suatu proses pembelajaran baik berupa nilai ataupun tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling dan apa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan Teknik Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh hasil fhitung> ftabel (28,15 > 4,49) pada taraf 5% dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar siswa dan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, Sanafiah. 2007. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
, 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125