Kajian Pemikiran Tokoh Modern Muhammmad Abduh (Rekontruksi Pendidikan Islam)

  • M. Asri Bahri Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Pemikiran, Tokoh, Abduh, Pendidikan Islam

Abstract

Ilmu pengetahuan modern ini tidak bertentangan dengan Islam, yang sebenarnya. Hukum alam adalah ciptaan Allah dan wahyu juga berasal dari Allah. Karena keduanya berasal dari Allah, maka ilmu pengetahuan modern yang berdasar pada hukum alam, dan Islam sebenarnya, yang berdasarkan pada wahyu, tidak bisa dan tidak mungkin bertentangan. Islam mesti sesuai dengan ilmu pengetahuan modern dan ilmu pengetahuan modern mesti sesuai dengan Islam. Dalam zaman keemasan Islam, ilmu pengetahuan berkembang di bawah naungan pemerintah- pemerintah Islam yang ada pada waktu itu. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan tidak bertentangan dengan agama, sehingga sebagai umat Islam kita harus mempergunakan akal kita dengan sebaik-baiknya, wajib) atas setiap orang muslim. Ilmu pengetahuan merupakan salah satu dari sebab-sebab kemajuan umat Islam di zaman klasik dan juga merupakan salah satu dari sebab-sebab kemajuan Barat sekarang ini. Muhammad Abduh mengatakan, untuk mencapai kemajuannya yang hilang, umat Islam sekarang haruslah kembali mempelajari dan mementingkan soal ilmu pengetahuan. Maka dari itu, umat Islam harusterlebih dahulu dibebaskan dari faham jumud, taklid, kembali lagi berijtihad dan kembali kepada Islam yang murni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Sani. (1998). Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern Dalam Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abudin Nata. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Didin Saefudin. (2003). Pemikiran Modern dan Postmodern Islam. Jakarta: PT Grasindo.

Harun Nasution. (1987). Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah. Jakarta: UI Press.

_____________. (1996). Pembaruan dalam Islam. Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

M. Yusran Asmuni. (2003). Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam: Dirasah Islamiah III. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad Abduh Article Free Pas.diakses melalui “www.Britannica.Com/.../Topic/.../Muhammad- Abd. Ensiklopedia Britannica”.

Muhammad Abduh. (1992). al Islam Min al 'Ilmiwa al Madaniyyah. (terj. MahyuddinSyaf dan A Bakar Usman). Bandung: CV Dipenogoro.

Ramayulis dan Syamsul Nizar (2010).Filsafat Pendidikan Islam; Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para TokohnyaJakarta: Kalam Mulia.

Saefudin. (2003). Pemikiran Modern dan Post Modern Islam: Biografi Intelektual 17 Tokoh. Jakarta: Gramedia.

Sahilun A. Nasir. (2012). Pemikiran Kalam Teologi Islam Sejarah, Ajaran, dan Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Published
2020-07-09
How to Cite
BahriM. A. (2020). Kajian Pemikiran Tokoh Modern Muhammmad Abduh (Rekontruksi Pendidikan Islam). Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 173-182. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.133