Kajian Pemikiran Tokoh Modern Muhammmad Abduh (Rekontruksi Pendidikan Islam)
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.133Keywords:
Pemikiran, Tokoh, Abduh, Pendidikan IslamAbstract
Ilmu pengetahuan modern ini tidak bertentangan dengan Islam, yang sebenarnya. Hukum alam adalah ciptaan Allah dan wahyu juga berasal dari Allah. Karena keduanya berasal dari Allah, maka ilmu pengetahuan modern yang berdasar pada hukum alam, dan Islam sebenarnya, yang berdasarkan pada wahyu, tidak bisa dan tidak mungkin bertentangan. Islam mesti sesuai dengan ilmu pengetahuan modern dan ilmu pengetahuan modern mesti sesuai dengan Islam. Dalam zaman keemasan Islam, ilmu pengetahuan berkembang di bawah naungan pemerintah- pemerintah Islam yang ada pada waktu itu. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan tidak bertentangan dengan agama, sehingga sebagai umat Islam kita harus mempergunakan akal kita dengan sebaik-baiknya, wajib) atas setiap orang muslim. Ilmu pengetahuan merupakan salah satu dari sebab-sebab kemajuan umat Islam di zaman klasik dan juga merupakan salah satu dari sebab-sebab kemajuan Barat sekarang ini. Muhammad Abduh mengatakan, untuk mencapai kemajuannya yang hilang, umat Islam sekarang haruslah kembali mempelajari dan mementingkan soal ilmu pengetahuan. Maka dari itu, umat Islam harusterlebih dahulu dibebaskan dari faham jumud, taklid, kembali lagi berijtihad dan kembali kepada Islam yang murni.
Downloads
References
Abdul Sani. (1998). Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern Dalam Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Abudin Nata. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Didin Saefudin. (2003). Pemikiran Modern dan Postmodern Islam. Jakarta: PT Grasindo.
Harun Nasution. (1987). Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah. Jakarta: UI Press.
_____________. (1996). Pembaruan dalam Islam. Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.
M. Yusran Asmuni. (2003). Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam: Dirasah Islamiah III. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhammad Abduh Article Free Pas.diakses melalui “www.Britannica.Com/.../Topic/.../Muhammad- Abd. Ensiklopedia Britannica”.
Muhammad Abduh. (1992). al Islam Min al 'Ilmiwa al Madaniyyah. (terj. MahyuddinSyaf dan A Bakar Usman). Bandung: CV Dipenogoro.
Ramayulis dan Syamsul Nizar (2010).Filsafat Pendidikan Islam; Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para TokohnyaJakarta: Kalam Mulia.
Saefudin. (2003). Pemikiran Modern dan Post Modern Islam: Biografi Intelektual 17 Tokoh. Jakarta: Gramedia.
Sahilun A. Nasir. (2012). Pemikiran Kalam Teologi Islam Sejarah, Ajaran, dan Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 M. Asri Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License