Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning

Authors

  • Mohammad Rofiq Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Walisongo, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.131

Keywords:

Pendidikan Karakter, ESQ Learning, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini membahas nilai-nilai karakter yang terkandung dalam konsep ESQ learning, kemudian direlevansikan pada pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannyadilatar belakangi oleh semakin maraknya pendidikan karakter yang perlu diberikan nilai karakter lebih dalam proses pembelajaran agar menghasilkan output peserta didik yang berakhlaqul karimah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah? (2) Bagaimana nilai-nilai karakter dalam konsep ESQ learning dan relevansinya dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah? Permasalahan tersebut dibahas melalui metodologi penelitian kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah sama dengan pendidikan akhlak, yakni pendidikan yang bertujuan untuk membentuk perilaku manusia sesuai dengan ajaran Islam, berlandaskan al-Qur’an dan Hadits. (2) Sesuai dengan konsep ESQ learning, maka nilai-nilai karakter masing-masing terkandung dalam sumber nilai yang berlaku dalam pranata kehidupan manusia, yaitu nilai Ilahiyah dan Insaniyah. Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan tentang pendidikan karakter dari tokoh atau pakar dalam bingkai ilmu ESQ. Kemudian dapat menjadi acuan para orangtua atau pendidik dalam mendidik anak, agar mengacu pada konsep pendidikan yang berkarakter, dengan cara yang benar dan berdasarkan pada ajaran Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Agustian, A. G. (2005). ESQ The ESQ Way 165 Cet. XX, Jakarta. Arga.

Ahmad, A. (1973). Toshihiko Izutsu, Ethico-Religious Concepts in the Qur’an (Book Review). International Journal of Comparative Sociology, 14, 288.

Al-Jazairi, S. A. B. J. (2015). Minhajul Muslim. Pustaka Al-Kautsar.

Amin, A. (1983). Etika (Ilmu Akhlak), Terj, KH Farid Ma’ruf, Cet. 3. Jakarta. Bulan Bintang.

Auerbach, C., & Silverstein, L. B. (2003). Qualitative data: An introduction to coding and analysis (Vol. 21). NYU press.

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. Araska, 97.

Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. Gava Media.

Emzir, A. D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rajawali Pers.

Gazalba, S. (1975). Asas agama Islam; pembahasan ilmu dan filsafat tentang rukun Islam, ihsan, ikhlas, taqwa. Bulan Bintang.

Hartati, N. dkk. (2001). Islam dan Psikologi, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, A. W. (2012). sebuah pengantar” dalam Machasin, Islam Dinamis, Islam Harmonis. Yogyakarta. LKIS.

Hawwa, S. (2007). Tazkiyatun Nafs: Intisari Ihya Ulumuddin. Jakarta. Pena Pundi Aksara.

Ismail, A. I. (2009). Pilar-Pilar Takwa Doktrin, Pemikiran, Hikmat, dan Pencerahan Spiritual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Lexy, J. M. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2012). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta. Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik.

Lickona, T., & Wamaungo, J. A. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggungjawab. Jakarta. Bumi Aksara.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter, Konstruksi Teori Dan Prakatik. Yogyakarta. Ar-Ruzz Madia.

Nashir, H. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama Dan Budaya. Yogyakarta. Multi Presindo.

Nomor, P. M. A. R. I. (n.d.). 912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab. 2013. Jakarta. Berita Negara Republik Indonesia.

Salim, A. (1960). Tauhid, Taqdir dan Tawakkal. Jakarta. Tinta Mas.

Soewadji, J. (2012). Pengantar metodologi penelitian. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Sugiono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik dan Strategi. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zubaedi, M. (2011). Desain Pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta. Pranada Media Grup.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Rofiq, M. (2020). Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 139–157. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.131