Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.128Keywords:
Pengelolaan Kelas, Motivasi BelajarAbstract
Pengelolaan kelas adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh seorang guru secara sistematis untuk menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, sedangkan motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri murid dan dari luar diri murid untuk mengalami perubahan perilaku dalam bentuk pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah guru wali kelas pada kelas tinggi IV, V, VI dan siswa kelas tinggi di MI Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu, dimana guru wali kelas pada kelas tnggi berjumlah 6 orang, dan siswa berjumlah 121 orang,untuk variabel X (pengelolaan kelas) peneliti tidak menggunakan sampel karena masih memungkinkan peneliti meneliti tiap populasi secara satu persatu. Sedangkan variabel Y (motivasi belajar siswa) menggunakan sampel sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 Variabel yaitu variabel bebas (pengelolaan kelas) dan variabel terikat (motivasi belajar siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah análisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pengelolaan kelas yang dilakukan oleh 6 guru wali kelas adalah 86,54% dengan kategori sangat baik, sedangkan persentase motivasi belajar siswa 62,5 dengan kategori baik. Kemudian hasil analisis uji t menunjuk kan nilai thitung adalah 2,723 ≥ ttabel adalah 1,679. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun 2015.
Downloads
References
Asril, Zainal. 2012. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011, Cet. Ke-1
Djalil, Aria. 2002. Materi pokok pembelajaran kelas rangkap; 1-6 PGSD2105/2SKS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universits Terbuka.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
, 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.
Evertson, Carolyn M dan Edmund T. Emmer. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamalik, Omar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herwati A. 2012. Modul Statistika Pendidikan. Tembilahan.
Kurdi, Syuaeb dan Abdul Aziz. 2006. Model Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Islam di SD dan MI. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, Syofian. 2014. Merode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sujdijono, Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyadi. 2010. Psikolologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.
Syah, Hidayat. 2010. Pengantar umum metodologi penelitian pendididkan pendekatan verifikati. Pekan baru: Suska Press.
Usman, Moh Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nur Asisah, Nasrullah Nasrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License