Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu

Authors

  • Nur Asisah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Nasrullah Nasrullah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.128

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar

Abstract

Pengelolaan kelas adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh seorang guru secara sistematis untuk menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, sedangkan motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri murid dan dari luar diri murid untuk mengalami perubahan perilaku dalam bentuk pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah guru wali kelas pada kelas tinggi IV, V, VI dan siswa kelas tinggi di MI Nurul Jihad  Kecamatan Tembilahan Hulu, dimana guru wali kelas pada kelas tnggi berjumlah 6 orang, dan siswa berjumlah 121 orang,untuk variabel X (pengelolaan kelas) peneliti tidak menggunakan sampel karena masih memungkinkan peneliti meneliti tiap populasi secara satu persatu. Sedangkan variabel Y (motivasi belajar siswa) menggunakan sampel sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 Variabel yaitu variabel bebas (pengelolaan kelas) dan variabel terikat (motivasi belajar siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah análisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pengelolaan kelas yang dilakukan oleh 6 guru wali kelas adalah 86,54% dengan kategori sangat baik, sedangkan persentase motivasi belajar siswa 62,5 dengan kategori baik. Kemudian hasil analisis uji t menunjuk kan nilai thitung adalah 2,723 ≥ ttabel adalah 1,679. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun 2015.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asril, Zainal. 2012. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011, Cet. Ke-1

Djalil, Aria. 2002. Materi pokok pembelajaran kelas rangkap; 1-6 PGSD2105/2SKS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universits Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

, 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Evertson, Carolyn M dan Edmund T. Emmer. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamalik, Omar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herwati A. 2012. Modul Statistika Pendidikan. Tembilahan.

Kurdi, Syuaeb dan Abdul Aziz. 2006. Model Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Islam di SD dan MI. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, Syofian. 2014. Merode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Sujdijono, Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyadi. 2010. Psikolologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.

Syah, Hidayat. 2010. Pengantar umum metodologi penelitian pendididkan pendekatan verifikati. Pekan baru: Suska Press.

Usman, Moh Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Asisah, N., & Nasrullah, N. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 102–115. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.128