Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang

Authors

  • Dina Liana STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127

Keywords:

Learning, Cycle 5E, Hasil, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 E. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017 sampai 02 Januari 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengolahan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan Learning Cycle 5 E. Analisis deskriptif tentang hasil belajar siswa yang dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri atas 6 kali pertemuan tatap muka dan 2 kali pertemuan digunakan untuk ujian blok. Diperoleh data ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK adalah 70%, dan mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 95 % pada siklus I dan pada siklus II kembali mengalami peningkatan sebesar 5% menjadi 100%. Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 70 %, pada siklus I meningkat sebesar 25% menjadi 95%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 5% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 007 Kotabaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S. dan Ahmadi, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. PT. Prestasi Pustakarya: Jakarta.

Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Bandung.

Dyah, A., & Istiqomah, N. N. (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E : Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Issn 2549-2209.

Hafiah, S., Lukita, A., & Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri . Jurnal Matematika Kreatif Inovatif , Issn 2442-4218.

Prasetyo Z. K dan Fatonah S. (2014). Pembelajaran Sains. Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Prenada Media: Jakarta.

Zulchaidar, I. (2017). Penerapan Learning cycle 5 E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Dalam Pemebelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan. issn 2503-1260.

Downloads

Published

2020-07-09

How to Cite

Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127