Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Drill di kelas 2 Min 1 Indragiri Hilir

Authors

  • Normah Normah Guru Kelas, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.95

Keywords:

Indonesia, Metode Drill, Meningkatkan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Drill dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia di Kelas 2 MIN 1 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MIN Tembilahan. Mereka berjumlah 30 orang. Kelas ini dipilih sebagai tempat penelitian karena peneliti sebagai guru dikelas tersebut menemukan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, 2 siklus penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. 3 pertemuan adalah pengajaran dengan menggunakan latihan dan satu lagi untuk ujian. Sebanyak. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi (untuk melihat kegiatan siswa dan guru selama pelaksanaan latihan), dan tes (untuk mengamati kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Indonesia). Setelah menyelesaikan 2 siklus, peneliti menemukan bahwa metode Drill dapat Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa metode drill dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2012. Guru Profesional Menguasai Metode dasn Terampil Mengajar, Bandung; Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal & Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia, Jakarta: Akademika Pressindo.

Djamarah, Syaiful Bahri & Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Juniardianta, I Nyoman. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Metode Drama pada Siswa Kelas VII C SMP Dharma Raja Universitas Warmadewa. Jurnal Ilmu Bahasa.

Latifah, Chori, dkk. 2016. Penggunaan Diksi dalam Karangan Berita Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa

L. Damayanthi https:// www. academia. edu/ 9208697/ A_METODE_DRILL_ Langkah-langkah_ Penggunaan_Metode_Drill

Riduan, 2013, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan, Jakarta; Kencana

Sudjana. 2005. MetodaStatitistika, Bandung: Tarsito

Utami, Sintowati Rini. 2017. Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa. Jakarta.

Utary. Mazlina Tri. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV MIN Sei Agul Kec. Medan Denai. Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri. Medan.

Wati, Novera Kusuma. 2017. Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Anak pada Siswa Kelas IV.A MIN Bireueun Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Inovasi. Aceh

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Normah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Drill di kelas 2 Min 1 Indragiri Hilir. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.95