Perpaduan Saintifik Aproach Dengan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif

Authors

  • Saidan Lubis Balai Diklat Keagamaan Padang, Sumbar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.80

Keywords:

Model Pembelajaran, Saintific Approach, Discovery Learning

Abstract

Karya tulis dengan judul “Perpaduan Saintifik Aproach dengan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif ( Kajian  DTS Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih Di BDK Padang ), sebuah penelitian lapangan  menggunakan   pendekatan kualitatif  deskriptif dengan  metode  survey dan wawancara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran  dalam Diklat Teknis Susbtantif Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih MAK yang tidak efektif karena ditengarai pembelajaran tidak menggunakan pendekatan yang merefleksikan  alur pikir yang ilmiah dan model pembelajaran yang adaptif.  Sementara mata pelajaran Ushul Fiqh   berisikan materi sebagai sebuah epistemologi dengan alur pikir hukum yang ilmiah dan metode penetapan hukum dalam syariat Islam. Rumusan permasalahan dalam kajian ini adalah Bagaimana Perpaduan antara Saintifik Approach dengan Model  Discovery  Learning Mewujudkan Pembelajaran yang Efektif  dalam kegiatan Diklat Guru  Mata Pelajaran Ushul Fikih MAK  di Balai Diklat Keagamaan Padang Tahun 2019 ?.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perpaduan antara pendekatan  saintifik  dengan penerapan model  discovery learning   dalam kegiatan diklat guru mata pelajaran Ushul Fikih MAK bisa menjadikan pembelajaran semakin efektif, karena melalui pendekatan saintifik dan model  discovery learning  mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan dan mendorong peserta diklat untuk memiliki kecakapan berpikir kreatif untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah, merumuskan, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan, hal ini sesuai dengan alur pikir yang terkandung dalam materi Ushul Fikih itu sendiri.” Perpaduan antara pendekatan saintifik dengan  model pembelajaran discovery learning sangat berarti dalam mendorong dan melatih  peserta diklat melalukan penyelidikan (al-kasyf) , menemukan sendiri sesuatu   yang dipelajari dan pada gilirannya menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amar, Raichul, 2007, Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar, Padang, IAIN Press

Anam, Khairul, 2006, Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi, Yokyakarta: Pustaka Pelajar

E. Mulyasa, 2014, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia

Nata, Abuddin ,2009, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media

Purwastuti, (2016), Teknik Perkonsultasian Diklat, Jakarta: Lembaga Admnistrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.

Sadia, I Wayan Sadia, 2014, Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik, Yokyakarta Graha Ilmu

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati dan Kualitatif, Bandung, Alfabeta

Suparman, Atwi, 1997, Model-model Pembelajaran Interaktif, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Supritiningrum, Jamil, 2013, Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Jokjakarta, Ar-Ruzz Media

Tim MKDP, 2011, Kurikulum & Pembelajaran, Jakarta: Raja grapindo Persada

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Lubis, S. (2020). Perpaduan Saintifik Aproach Dengan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 169–183. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.80