Penerapan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung

Authors

  • Ajah Rahmah STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.167

Keywords:

Penerapan, Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung. Dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan guru dalam pengelolaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di madrasah aliyah nurul islam belantaraya kecamatan gaung. Penelitian ini Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang berjumlah 1 guru dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan persentase.  Berdasarkan pembahasan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa Penerapan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung mencapai angka persentase 79,73% dan dapat di kategorikan “baik“ karena berada pada interval 61%-80%. Hal tersebut di pengaruhi beberapa faktor, yaitu Guru kadang-kadang Memperbaiki soal yang tidak valid di karenakan kuranganya buku. Sebagian besar guru melakukan evaluasi hasil tindak lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Athoillah, A. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Hamidi, L. (2010). Antara Realitas Politik dan Implementasi Hukumnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jakni. (2014). Pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Kiyosaki, L. (2005). Rich Dad's Who Took My Money. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makin, B. d. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Muliawan, J. u. (2005). Pendidikan Islam Itegratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasuntion, S. d. (1987)). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teching.

Naway, F. A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: I deas Publishing.

Purwanto, N. (2008). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung.

Riduwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sadirman. (2011 ). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saifuddin. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis. Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia: Cv Budi Utama.

Sarwono, A. H. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Sumarsono. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syafaruddin. (2005). Menejemen Pembelajaran. Pisangan: Quantum Teaching.

Tukiran Taniredja, d. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Yeti Heryati, d. d. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. (Bandung: Pustaka Setia.

Yudhyarta, D. Y. (2015). Korelasi Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Karakter Bangsa. Mitra PGMI , 1 (1), 113-115. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.36

Downloads

Published

2020-09-07

How to Cite

Rahmah, A. (2020). Penerapan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 317–329. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.167