Pendidik Millenial di Era Globalisasi

  • Tuti Nuriyati STAIN BENGKALIS
  • Chanifudin Chanifudin STAIN BENGKALIS
Keywords: Pendidik, Era Globalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kondisi objektif pendidikan millenial di era globalisasi, (2) untuk mendeskripsikan peran pendidik millennial di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kemudian metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research (studi pustaka). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) era globalisasi membuat perubahan budaya dalam pendidikan di mana peserta didik dapat dengan cepat mengakses informasi, menjadikan pendidik bukan lagi satu-satunya orang yang paling well-informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan, (2) seorang pendidik untuk melaksanakan perannya dalam pembelajaran di era globalisasi harus berbasis learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hifza. (2010). Pendidik dan Kepribadiannya dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: iTesisi Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ma’arif, S. (2005). Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Jogjakarta: Logung Pustaka.

Maragustam. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sunan Kalijaga.

Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Mujib, A. (2008 ). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nashori, F. (1994). Membangun Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: SIPRESS.

Nizar, R. d. (2010). Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Parkay, F. W. (2011). Menjadi Seorang Guru Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Poerwadarminta, W. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Saroni, M. (2011). Saroni, Muhammad, Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswoyo, D. d. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Salatiga: Ar-Ruzz.

Tafsir, A. (2002 ). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wangid, M., Mustadi, A., Erviana, V., & Arifin, S. 2014. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Diy. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 176. doi:http://dx.doi.org/10.21831/ jpe.v2i2.2717.

Zuhdi, Ahmad. 2004. Profil Guru dalam Pendidikan Islam Menurut K.H. Hasyim Asy’ari, (Telaah Kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Yogyakarta: Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Published
2020-09-07
How to Cite
NuriyatiT., & ChanifudinC. (2020). Pendidik Millenial di Era Globalisasi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 361-372. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.118