Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Mengajar Guru Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 039 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.46963/jam.v3i1.154Keywords:
Pedagogik, Signifikan, Guru, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 039 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas XI IPS. Objek penelitian ini adalah pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru ekonomi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 88 siswa. tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rtabel < rhitung pada taraf signifikan 1% dan 5% (0,270 < 0,350 > 0,207) yang berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadapkinerja mengajar guru ekonomi. Besarnya persentase pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru ekonomi sebesar 12,2%, sedangkan sisanya sebesar 87,8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Barnawi & Muhammad Arifin (2011), Kinerja Guru professional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Gunawan Sudarmanto (2005), Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS, Yogyakarta: Graha Ilmu
Hamzah & Nina Lamatenggo (2012), Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License