Pelatihan pemanfaatan gimkit sebagai media pembelajaran untuk guru matematika SMP se-kecamatan Moa
DOI:
https://doi.org/10.46963/ams.v5i2.2281Keywords:
Gimkit, Learning Media, TrainingAbstract
Ketimpangan pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh keterbatasan sumber daya guru, terutama dalam memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Guru di daerah terpencil cenderung kurang memanfaatkan media inovatif dibandingkan guru di kota besar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat kemampuan guru dalam menerapkan Gimkit sebagai media pembelajaran inovatif di kelas, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Pelatihan diberikan kepada guru SMP di Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, melalui tiga tahapan: (1) sosialisasi program, (2) pelatihan penggunaan Gimkit secara offline di Aula PSDKU Unpatti, dan (3) evaluasi melalui kuesioner dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan antusiasme guru untuk menerapkan Gimkit di kelas, yang dinilai dapat meningkatkan minat belajar dan mempermudah siswa memahami matematika. Program ini diharapkan menjadi wadah pengembangan kompetensi guru matematika di Kecamatan Moa dan memberi dampak positif bagi proses pembelajaran.
Downloads
References
Avşar, G., Ozan, C., & Aydin, E. (2023). The effect of reinforcement using the Gimkit game on learning the subject in nursing students. Nurse Education in Practice, 68, 103595. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103595
Hendriani, M., Suryani, A. I., Parwines, Z., Apfani, S., & Jannah, R. (2022). Pelatihan Mendesain Kelas Literasi Numerasi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.
Kusumaningrum, B., Arigiyati, T. A., Ayuningtyas, A. D., Yunior Erlangga, S., Saraswati, P., & Oktaviana, E. (2024). Workshop meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan literasi numerasi. Dalam Journal of Compacta Community Empowerment (Vol. 1, Nomor 1).
Lekiwona, A., Wenno, I. H., & Siahaya, A. (2021). Hubungan pendidikan gaya bank dan sarana prasarana terhadap mutu sekolah di SMP se-Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya. Jurnal Ilmiah Mara Christy, 11(2), 101–124. https://doi.org/10.37196/mc.v11i2.148
Lestari, Sugiarto, S., & Kurniati, R. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4).
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pramita, H. W. (2022). Analisis Pentingnya Uji Kompetensi Guru Pada Masa Era Pendidikan Digital Di SDIT Ar-Rasyid Batulicin . STIE Indonesia.
Resti, Y., & Kresnawati, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Seminar Nasional AVoER XII 2020, 670–673.
Septyana, R., Nuzula, S. F., & Gusanti, Y. (2024). PENINGKATAN Asesmen Formatif Melalui Pemanfaatan Media Gamifikasi Gimkit Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smpn 24 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 7. https://doi.org/10.17977/um063v4i4p7
Tafqihan, Z., Ponorogo, S., & Negeri Yogyakarta, U. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Komitmen Profesional Dan Dampaknya Pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika Smp Dan Mts. Dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Vol. 1, Nomor 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratnah Kurniati, Michael Inuhan, Arche F Bonara, Magdalena Rehyara, Stevyanus Poseratu, Sisilia Marcelina Taihuttu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution shareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License