Pelatihan pemanfaatan gimkit sebagai media pembelajaran untuk guru matematika SMP se-kecamatan Moa

Authors

  • Ratnah Kurniati Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0833-1811
  • Michael Inuhan Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia
  • Arche F Bonara Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia
  • Magdalena Rehyara Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia
  • Stevyanus Poseratu Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia
  • Sisilia Marcelina Taihuttu Pendidikan Matematika Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46963/ams.v5i2.2281

Keywords:

Gimkit, Learning Media, Training

Abstract

Ketimpangan pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh keterbatasan sumber daya guru, terutama dalam memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Guru di daerah terpencil cenderung kurang memanfaatkan media inovatif dibandingkan guru di kota besar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat kemampuan guru dalam menerapkan Gimkit sebagai media pembelajaran inovatif di kelas, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Pelatihan diberikan kepada guru SMP di Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, melalui tiga tahapan: (1) sosialisasi program, (2) pelatihan penggunaan Gimkit secara offline di Aula PSDKU Unpatti, dan (3) evaluasi melalui kuesioner dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan antusiasme guru untuk menerapkan Gimkit di kelas, yang dinilai dapat meningkatkan minat belajar dan mempermudah siswa memahami matematika. Program ini diharapkan menjadi wadah pengembangan kompetensi guru matematika di Kecamatan Moa dan memberi dampak positif bagi proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avşar, G., Ozan, C., & Aydin, E. (2023). The effect of reinforcement using the Gimkit game on learning the subject in nursing students. Nurse Education in Practice, 68, 103595. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103595

Hendriani, M., Suryani, A. I., Parwines, Z., Apfani, S., & Jannah, R. (2022). Pelatihan Mendesain Kelas Literasi Numerasi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.

Kusumaningrum, B., Arigiyati, T. A., Ayuningtyas, A. D., Yunior Erlangga, S., Saraswati, P., & Oktaviana, E. (2024). Workshop meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan literasi numerasi. Dalam Journal of Compacta Community Empowerment (Vol. 1, Nomor 1).

Lekiwona, A., Wenno, I. H., & Siahaya, A. (2021). Hubungan pendidikan gaya bank dan sarana prasarana terhadap mutu sekolah di SMP se-Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya. Jurnal Ilmiah Mara Christy, 11(2), 101–124. https://doi.org/10.37196/mc.v11i2.148

Lestari, Sugiarto, S., & Kurniati, R. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4).

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pramita, H. W. (2022). Analisis Pentingnya Uji Kompetensi Guru Pada Masa Era Pendidikan Digital Di SDIT Ar-Rasyid Batulicin . STIE Indonesia.

Resti, Y., & Kresnawati, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Seminar Nasional AVoER XII 2020, 670–673.

Septyana, R., Nuzula, S. F., & Gusanti, Y. (2024). PENINGKATAN Asesmen Formatif Melalui Pemanfaatan Media Gamifikasi Gimkit Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smpn 24 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 7. https://doi.org/10.17977/um063v4i4p7

Tafqihan, Z., Ponorogo, S., & Negeri Yogyakarta, U. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Komitmen Profesional Dan Dampaknya Pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika Smp Dan Mts. Dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Vol. 1, Nomor 2).

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Kurniati, R., Inuhan, M., Bonara, A. F., Rehyara, M., Poseratu, S., & Taihuttu, S. M. (2024). Pelatihan pemanfaatan gimkit sebagai media pembelajaran untuk guru matematika SMP se-kecamatan Moa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 102-110. https://doi.org/10.46963/ams.v5i2.2281